Penjelasan Mengenai Adat Istiadat dalam Keluarga Saya


1. Teori

             Kata adat berasal dari Bahasa Arab (dalam Bahasa Sunda: biasa, umum, lumrah), artinya: segala hal yang senantiasa tetap atau sering diterapkan kepada manusia atau binatang yang mempunyai nyawa. Kata adat, sedapat mungkin dipergunakan untuk menghaluskan perbuatan, perlakuan, yang membuat kebaikan dengan orang lain, yang sama adatnya dan tata cara pada umumnya misalnya yang terdapat dalam satu desa atau satu negara, seagama maupun kebudayaannya. Apabila melanggar adat, misalnya dalam mengenakan pakaian yang terbalik, pakaian yang terlalu bagus atau terlalu jelek. Begitu juga dengan perkataan yang tidak sesuai dengan orang lain, duduk tidak sama rendah, berdiri tidak sama tinggi dengan sesama. Maka yang bersangkutan telah keluar dari lingkungan adat kelompoknya.
Adat istiadat adalah segala dalil dan ajaran mengenai bagaimana orang bertingkah-laku dalam masyarakat. Rumusan-nya sangat abstrak, karena itu memerlukan usaha untuk memahami dan merincinya lebih lanjut. Adat dalampengertian ini berfungsi sebagai dasar pembanguan hukum adat positif  yang lain. Adat istiadat yang lebih nyata yang menjadi kebutuhan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari (Mohammad Daud Ali, 1999: 196).
            Jika secara umum pengertian adat istiadat dapat dikatakan sebagai suatu aneka kelaziman dalam suatu negeri yang mengikuti kondisi dan situasi masyarakat. Adat adalah gagasan kebudayaan yang terdiri dari nilai-nilai kebudayaan, norma, kebiasaan, kelembagaan, dan hukum adat yang lazim dilakukan di suatu daerah. 
            Adat istiadat yang diwariskan leluhurnya pada masyarakat Sunda masih dipelihara dan dihormati. Dalam daur hidup manusia dikenal upacara-upacara yang bersifat ritual adat seperti: upacara adat Masa Kehamilan, Masa Kelahiran, Masa Anak-anak, Perkawinan, Kematian dll. Demikian juga dalam kegiatan pertanian dan keagamaan dikenal upacara adat yang unik dan menarik. Itu semua ditujukan sebagai ungkapan rasa syukur dan mohon kesejahteraan dan keselamatan lahir bathin dunia dan akhirat.

2. Kasus
            Saya akan membahas sedikit mengenai adat istiadat sunda yang ada dalam keluarga saya yang masih dilakukan dan dijalankan.

3. Analisis
            Bahasa yang digunakan oleh masyarakat Jawa Barat pada umumnya adalah Bahasa Sunda dengan budaya Sunda yang kental. Dalam penggunaan Bahasa Sunda ini pun terdapat undak-usuk-basa atau tingkat pemakaian bahasa.
            Dalam keluarga saya, bahasa yang digunakan sehari-hari yaitu kami sering berkomunikasi dengan bahasa sunda yang bercampur dengan bahasa indonesia. Dan masalah kebiasaan yang keluarga kami masih lakukan misalnya yaitu dalam acara pernikahan, dimana sebelum adanya acara pernikahan dilakukan terlebih dahulu acara ngalamar/lamaran kemudian dilanjutkan dengan acara seserahan yang dilanjutkan ke acara pernihakannya/ijab qobul.
4. Referensi

Penulis : bhezhe06 ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Penjelasan Mengenai Adat Istiadat dalam Keluarga Saya ini dipublish oleh bhezhe06 pada hari Sabtu, 05 Oktober 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Penjelasan Mengenai Adat Istiadat dalam Keluarga Saya
 

0 komentar:

Posting Komentar